Kebijakan Privasi

 

Definisi

 

  1. “Kebijakan Privasi” adalah serangkaian kebijakan dan aturan yang menetapkan dasar bagi aktivitas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan dan/atau segala bentuk pengelolaan Data. 

  2. “Data” adalah data dan/atau informasi yang diberikan baik langsung maupun tidak langsung oleh Pengguna kepada kami, termasuk didalamnya data dan/atau informasi pribadi Pengguna dan data dan/atau informasi yang kami kumpulkan sendiri dari pihak-pihak lain sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran pada Aplikasi, mengakses Aplikasi dan/atau pada saat menggunakan layanan pada Aplikasi.

  3. “PT KB Finansia Multi Finance” atau “kami” adalah PT KB Finansia Multi Finance, suatu perusahaan berbentuk perseroan terbatas yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, sebagai pengelola Aplikasi. 

  4. “Aplikasi” adalah aplikasi bernama Kreditplus Mobile yang dibuat,  dioperasikan dan dikelola oleh PT KB Finansia Multi Finance sebagai media untuk memberikan berbagai layanan finansial berbasis mobile dengan sistem operasi Android dan iOS.

  5. Pengguna” adalah pihak, selaku calon konsumen dan/atau konsumen, yang melakukan pemasangan Aplikasi di perangkat mobile nya guna mendapatkan layanan finansial dari kami.

  6. “OJK” adalah Otoritas Jasa Keuangan, suatu lembaga negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa keuangan lainnya.

 

 

Bagian Umum

 

Kami menyusun Kebijakan Privasi sebagai suatu rangkaian kebijakan dan aturan yang menetapkan dasar bagi aktivitas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan dan/atau segala bentuk pengelolaan Data, dimana apabila anda selaku Pengguna menyatakan persetujuannya, maka Kebijakan Privasi ini berlaku pula sebagai suatu perjanjian di antara Pengguna dan PT KB Finansia Multi Finance serta selanjutnya Pengguna dianggap mengerti dan memahami ketentuan dan syarat yang dijabarkan dalam Kebijakan Privasi ini. Dengan mengakses Aplikasi dan/atau memberikan persetujuan atas Kebijakan Privasi ini, maka Pengguna menyatakan bahwa seluruh Data yang diberikannya kepada kami adalah sah dan dan benar serta selanjutnya memberikan kuasa kepada kami untuk melakukan pemrosesan lebih lanjut guna pemberian layanan finansial yang diminta oleh Pengguna.

Kami berkomitmen untuk melindungi data informasi Pengguna dan hanya menggunakan Data sesuai dengan ketentuan yang tertera di dalam Kebijakan Privasi dan/atau terkait pemrosesan layanan finansial yang akan atau telah kami berikan. Kami terus melakukan pengembangan Aplikasi dan pembaharuan ketentuan Kebijakan Privasi dari waktu ke waktu sebagai langkah kami untuk memberikan keterbukaan informasi kepada Pengguna sekaligus dalam upaya memberikan pelayanan yang baik. Kami akan memberikan pemberitahuan langsung melalui aplikasi atau media komunikasi lainnya apabila kami melakukan perubahan Kebijakan Privasi yang kami anggap perlu diketahui oleh Pengguna.

Kami sepenuhnya tunduk dan patuh terhadap ketentuan OJK dan aturan-aturan terkait lainnya dimana Kebijakan Privasi ini kami buat sebagai dokumentasi tertulis yang sah dan legal secara hukum untuk menghindari sengketa perihal Data antara kami dan Pengguna. Kami dapat menjual atau mengalihkan beberapa atau seluruh aset perusahaan yang kami miliki, termasuk Data yang diidentifikasi dalam Kebijakan Privasi ini. Langkah tersebut dapat kami lakukan sehubungan dengan adanya merger, akuisisi, pengorganisasian kembali, perubahan pemegang saham pengendali, restrukturisasi, penjualan aset atau hal-hal lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

 

Perolehan dan Pengumpulan Informasi

 

Kami akan melakukan perolehan dan pengumpulan Data untuk tujuan penggunaan Aplikasi dan dengan ini Pengguna memberikan persetujuannya untuk itu. Data yang kami peroleh dan kumpulkan berupa Data yang sifatnya diberikan oleh Pengguna secara langsung maupun Data yang sifatnya diberikan secara tidak langsung (secara otomatis). Adapun detail data yang kami peroleh dan kumpulkan adalah sebagai berikut :

Informasi Perangkat.

  1. Alamat Internet Protokol perangkat yang digunakan untuk memperkirakan lokasi riil Pengguna pada saat menggunakan Aplikasi.

  2. Kode unik perangkat, sebagai identitas perangkat lunak yang digunakan pada saat memasang dan menggunakan Aplikasi.

  3. Model perangkat keras yang digunakan saat menggunakan Aplikasi.

  4. Sistem operasi yang digunakan dan versinya.

  5. Pilihan bahasa yang digunakan.

 

Informasi Pendaftaran.

  1. Nama Lengkap.

  2. Nomor Handphone.

  3. Kata sandi aplikasi.

 

Informasi Identitas Pengguna.

  1. Nomor Kartu Tanda Penduduk.

  2. Alamat Lengkap.

  3. Alamat Email.

  4. Foto Kartu Tanda Penduduk.

  5. Nama Gadis Ibu Kandung.

 

Informasi Pengajuan Kredit.

  1. Data pribadi dan pasangan.

  2. Data pekerjaan.

  3. Data kontak darurat

  4. Swafoto Pengguna

  5. Foto dokumen lainnya yang disyaratkan oleh ketentuan pertimbangan kredit

 

Informasi Agunan Pinjaman

  1. Data merk, jenis & type agunan

  2. Nomor Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) Pengguna

  3. Nomor rangka mesin agunan

 

Informasi Aset Kredit

  1. Data aset yang diajukan secara kredit oleh Pengguna

  2. Data aset yang dimiliki Pengguna dari hasil kredit melalui Aplikasi

 

Informasi Penggunaan

Informasi penggunaan adalah informasi perilaku Pengguna yang kami dapatkan secara otomatis melalui Aplikasi. Kami juga mengumpulkan informasi mengenai cara Pengguna menggunakan layanan kami, cara Pengguna melihat dan berinteraksi dengan konten, bagian layanan aplikasi yang Pengguna gunakan, informasi yang Pengguna cari, konten yang Pengguna lihat dan semua tindakan yang Pengguna lakukan di Aplikasi.

 

Informasi Data Log

Saat Pengguna menggunakan Aplikasi kami, secara otomatis kami merekam informasi mengenai data penggunaan yang disebut dengan Data Log. Data Log dapat memuat informasi seperti alamat Protokol Internet (IP) perangkat, halaman web atau kanal informasi yang Pengguna kunjungi sebelum masuk atau install Aplikasi kami, halaman Aplikasi yang Pengguna kunjungi, waktu dan tanggal akses dan data statistik lainnya.

 

Informasi Lokasi

Saat sebelum Pengguna memasang Aplikasi dan saat Pengguna menggunakan Aplikasi, kami mengumpulkan informasi lokasi Pengguna melalui Geo Positioning System (GPS). Pengguna dapat menyetujui pengumpulan informasi lokasi Pengguna hanya saat Pengguna menggunakan Aplikasi atau selama Aplikasi terpasang di perangkat Pengguna.  Informasi lokasi melalui Geo Positioning System (GPS) kami kumpulkan secara otomatis saat Pengguna mengaktifkan layanan internet di perangkat dimana Aplikasi terpasang.

 

Informasi Penggunaan Produk Layanan

    Kami merekam penggunaan layanan di Aplikasi, cara menuju layanan dan waktu serta tanggal penggunaan produk layanan kami secara otomatis. Pengguna tidak memiliki kontrol atas perekaman data penggunaan produk layanan yang tersedia di Aplikasi. Informasi penggunaan produk layanan hanya akan direkam saat Pengguna mengaktifkan jaringan layanan internet di perangkat dimana Aplikasi terpasang.

 

Informasi Jejaring Referensi Pengguna

    Jejaring referensi Pengguna adalah informasi jalur Pengguna satu dengan Pengguna lainnya yang terhubung dengan referensi saat Pengguna melakukan pendaftaran akun. Setiap Pengguna yang membagikan dan menerima referensi dari Pengguna lain akan direkam secara otomatis. 

 

Informasi Penggunaan Promosi

    Penggunaan Promosi adalah informasi jenis promosi yang Pengguna gunakan selama melakukan transaksi di Aplikasi. Setiap Pengguna menggunakan promosi di Aplikasi, kami merekam setiap penggunaannya secara otomatis. Informasi promosi yang kami rekam adalah promosi di dalam Aplikasi, promosi referensi, promosi loyalty point dan promosi pihak ketiga yang terdapat di dalam Aplikasi. 

 

Informasi Atribusi Penggunaan Aplikasi

    Atribusi penggunaan Aplikasi adalah kode atribusi unik yang terikat secara otomatis pada akun dan perangkat Pengguna yang selanjutnya dapat merekam jalur penggunaan Aplikasi. Informasi atribusi direkam secara otomatis melalui Aplikasi dan Pengguna tidak dapat membatalkan perekaman kode unik atribusi. 

 

 

Penggunaan Data

 

Data Perusahaan

Kami menggunakan Data yang diberikan oleh Pengguna sebagai basis data perusahaan dan kami mengelola data informasi sesuai dengan kepentingan perusahaan. Data informasi pengguna kami simpan untuk digunakan sebagai analisa bank data perusahaan termasuk dalam upaya kepentingan pengembangan usaha.

 

Pertimbangan Kredit

Data informasi Pengguna kami gunakan sebagai bahan pertimbangan persetujuan kredit. Kami juga menggunakan Data Pengguna untuk pertimbangan kredit dengan membagikan Data Pengguna yang relevan kepada pihak ketiga secara rahasia dan sah menurut ketentuan OJK untuk memberikan penilaian kredit. Pihak ketiga yang kami maksud adalah

Selanjutnya kami juga menggunakan data informasi Pengguna untuk pembuatan dan pengembangan kriteria kredit internal perusahaan.

 

Promosi & Pemasaran

Data Pengguna kami gunakan untuk kepentingan riset pasar, pembuatan promosi dan media pemasaran. Kami mengumpulkan semua informasi perilaku penggunaan layanan dan promosi di aplikasi untuk membuat desain ragam jenis promosi yang sesuai dengan keinginan Pengguna. Data informasi juga kami gunakan untuk menentukan media pemasaran yang tepat bagi Pengguna kami, baik yang kami kembangkan sendiri maupun dengan bekerjasama dengan pihak lain.

 

Pengembangan Aplikasi

Data Pengguna kami gunakan untuk melakukan pengembangan jalur Pelanggan, tampilan, fitur, dan layanan Aplikasi. Semua data informasi perilaku penggunaan aplikasi kami gunakan sebagai wawasan pengembangan Aplikasi.

 

Kerjasama Pihak Ketiga

Data Pengguna kami gunakan untuk kerjasama dengan pihak ketiga yang secara sah melalui perjanjian kerahasiaan data demi kepentingan pelayanan kepada Pengguna. Penggunaan Data Pengguna kepada pihak ketiga merupakan perjanjian kerjasama antara kami dan pihak ketiga untuk menunjang kepentingan promosi dan pengembangan usaha kami. 

 

Penegakkan Hukum

    Data Pengguna kami gunakan sebagai upaya membantu pihak berwajib dalam upaya penegakan hukum ataupun investigasi. Kami secara sah sesuai dengan ketentuan pembagian Data akan membagikan Data kepada penegak hukum apabila diperlukan dalam proses penegakkan hukum. 

 

Pengungkapan Data

 

Selain pengungkapan data sebagaimana diatur dalam bagian “Penggunaan Data” sebagaimana disebut diatas, kami bekerja sama dengan Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan aparat penegak hukum serta pihak swasta ketiga untuk mematuhi dan menegakkan hukum yang berlaku. Kami dapat mengungkapkan Data apapun yang disebut dalam Kebijakan Privasi ini dan informasi lainnya dalam upaya patuh dan penegakkan hukum. Pengguna membebaskan kami dari segala tuntutan hukum terkait dengan tindakan pengungkapan informasi yang kami lakukan kepada aparat penegak hukum. Pengguna tidak dapat mencegah atau membatasi kami melakukan pengungkapan informasi kepada penegak hukum apabila terjadi indikasi pelanggaran hukum atau  telah terbukti adanya pelanggaran hukum.

 

Pemalsuan Informasi

 

    Kami sangat peduli dengan kebenaran Data Pengguna sekaligus menerapkan protokol ketat untuk menghindari tindakan pemalsuan Data. Pemalsuan Data yang diberikan oleh Pengguna adalah kegiatan melawan hukum dan dapat dikenakan pidana sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami berhak melakukan investigasi terhadap Data Pengguna untuk memastikan kebenaran Data. Apabila terdapat indikasi pemalsuan Data, kami berhak melakukan investigasi dengan pihak berwenang secara hukum dalam upaya memastikan kebenaran Data. Kami berhak melaporkan, dan menuntut Pengguna secara hukum apabila ada indikasi Pengguna melakukan pemalsuan Data. 

 

Penyalahgunaan Informasi

 

    Penyalahgunaan Data adalah segala bentuk perbuatan penggunaan Data milik pribadi atau orang lain untuk memberikan keuntungan pribadi. Penyalahgunaan data informasi yang dilakukan oleh pihak yang tidak berwenang termasuk dalam hal ini Pengguna adalah tindak kejahatan yang dapat ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami memiliki hak untuk melakukan penyelidikan bersama penegak hukum untuk mengetahui tindak penyalahgunaan Data yang berpotensi merugikan kami dan/atau Pengguna lain. Apabila ada indikasi Pengguna melakukan penyalahgunaan Data, kami berhak melaporkan Pengguna kepada pihak berwenang dan berhak menuntut Pengguna sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

Kebocoran & Pencurian Data Informasi

 

Kami berupaya secara maksimal untuk memberikan keamanan Data Pengguna dalam basis data kami dan menerapkan protokol keamanan ketat untuk menghindari segala bentuk kebocoran & pencurian data oleh pihak yang tidak berwenang. Apabila terjadi kebocoran  & pencurian data, kami berhak melakukan investigasi bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), badan pemerintah terkait dan lembaga pihak ketiga yang kami tunjuk. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Pengguna membebaskan PT KB Finansia Multi Finance dari tuntutan hukum apabila terjadi kebocoran & pencurian data yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja oleh pihak manapun. Pengguna membebaskan segala tanggung jawab PT KB Finansia Multi Finance atas kebocoran & pencurian data yang  tidak kami kehendaki oleh pihak manapun. PT KB Finansia Multi Finance berhak menuntut pelaku atau pihak yang bertanggungjawab atas kebocoran & pencurian data secara hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Pengubahan & Penghapusan Data

 

Pengguna dapat meminta kami mengubah Data akun Kreditplus melalui email yang dikirim ke cs@kreditplus.com atau melalui sambungan telepon di 1500-605. Kami segera mengubah Data Pengguna dalam kurun waktu selambatnya tiga hari kerja. Kami dapat menyimpan dan/atau melakukan penghapusan Data Pengguna sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 

 

Ketentuan Lainnya

 

Kebijakan Privasi dibuat sebagai langkah untuk memberikan kepastian hukum kepada Pengguna atas Data yang diberikan. Kami menerapkan prinsip kehati-hatian dalam perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan dan/atau segala bentuk pengelolaan Data untuk memastikan tidak ada pihak yang dirugikan. Dengan memberikan Data, Pengguna dianggap secara sukarela menyerahkan data informasi untuk kami simpan di basis data kami.

 

Hubungi Kami

 

Pengguna dapat menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan layanan keluhan pelanggan melalui Kantor Cabang Kreditplus terdekat dan melalui kontak resmi Kreditplus di :

Pengguna juga dapat mengakses informasi dan ketentuan lainnya melalui kanal informasi resmi Kreditplus di:

© Kreditplus